Kamu Perlu Tau! Inilah Beberapa Kriteria Lomba Fashion Show

Author Larusso

Fashion show merupakan kompetisi di mana para peserta mempresentasikan busana dan gaya mereka di atas panggung. Biasanya, lomba ini sering diadakan ketika peringatan hari-hari besar, seperti salah satunya hari kemerdekaan. Tentu saja untuk bisa memenangkan lomba ini harus tau dulu kriteria lomba fashion show.

Biasanya penilaian dari lomba fashion show sendiri didasarkan pada sejumlah kriteria yang membantu menilai keseluruhan kreativitas, penampilan, dan keahlian peserta. Tentu saja hal ini harus diperhatikan dengan detail ketika akan mengikuti lombanya. Sehingga, peluang kamu untuk menang bisa bertambah besar.

Beberapa Kriteria Lomba Fashion Show

Kesesuaian dengan Tema

Salah satu aspek penting dalam sebuah lomba fashion show ialah kesesuaian pakaian dengan tema. Hal ini biasanya menjadi kriteria lomba fashion show paling utama. Di mana, kamu harus bisa menginterpretasikan tema dengan kreativitas dan menghadirkan busana yang relevan.

Tidak hanya itu, busana atau pakaian yang dipilih pun haruslah menarik agar menjadi daya tambah bagi kamu. Nah, sebelum memutuskan mengikuti lomba fashion show, perhatikan dulu tema yang mereka angkat. Dari tema tersebut, akan muncul gambaran pakaian yang akan digunakan lengkap dengan warna dan aksesorisnya.

Kesesuaian busana atau pakaian dengan tema akan membuat siapa saja yang melihat langsung mengetahui bahwa kamu mengikuti lomba fashion show tersebut. Secara tidak langsung, busana atau pakaian yang dipilih akan langsung menceritakan tema dari sebuah lomba fashion show. Itu sebabnya kriteria lomba fashion show satu ini perlu diperhatikan.

Kreativitas dan Inovasi

Kriteria selanjutnya yang menjadi penilaian pada lomba fashion show ialah kreativitas dan inovasi. Di mana, dalam hal ini kamu bisa memperlihatkan berbagai elemen kreatif dan inovatif dalam pakaian atau busana yang akan dipakai.

Pada kriteria lomba fashion show ini kamu bisa menggunakan bahan yang unik, memanfaatkan bahan yang sudah tak terpakai, sampai menggunakan konsep yang lebih berani. Berbagai bentuk kreativitas yang kamu tuangkan pada busana atau pakaian tersebut akan menjadi nilai tambah.

Desain Busana

Secara garis besar, lomba fashion show pastinya akan memperhatikan bagaimana desain busana yang Anda gunakan. Tidak hanya dari bentuknya saja, tetapi juga dari potongan, sampai dengan siluetnya. Sudah pasti busana yang dipilih haruslah nyaman digunakan, sehingga akan menumbuhkan rasa percaya diri yang besar ketika lomba.

Kriteria lomba fashion show satu ini sangat memperhatikan bagaimana kamu mengikuti mode terbaru. Di samping itu, nilai estetis dan proporsional akan sangat diperhatikan. Sehingga memang untuk busana pun tidak hanya memperhatikan konsepnya saja, tetapi kesesuaian dengan badan dan mode.

Pemilihan Bahan

Pemilihan bahan juga menjadi penilaian ketika kamu mengikuti lomba fashion show. Pada penilaian ini, biasanya akan dilihat bagaimana pemilihan bahan terhadap busana yang dipakai. Apakah sesuai atau tidak. Di samping itu, akan diperhatikan juga apakah pemilihan bahannya cocok dengan desain atau tidak.

Nah, kriteria lomba fashion show satu ini akan mendorong kamu untuk mendapatkan bahan yang sesuai. Tidak hanya sesuai dengan desain, tetapi juga dengan tema. Selain itu, bahan pun harus bisa memberikan tekstur menarik dan tentunya tetap nyaman untuk digunakan.

Kualitas Pengerjaan

Penilaian lain yang biasanya diperhatikan pada lomba fashion show ialah kualitas pengerjaan busananya. Dalam hal ini, detail pun akan sangat diperhatikan. Salah satunya ialah kebersihan dari jahitan busana yang digunakan. Di samping itu, pemilihan bahan juga masuk dalam penilaian ini.

Kriteria lomba fashion show satu ini juga sangat memperhatikan bagaimana finish dari busana yang ditampilkan. Umumnya, pengerjaan yang baik akan menunjukkan bagaimana profesionalisme dari para peserta.

Tata Rias dan Aksesori

Penampilan keseluruhan dalam lomba fashion show tidak hanya berfokus pada busana saja, melainkan terhadap tata rias dan aksesori yang melengkapi kamu. Itu sebabnya, sangat penting untuk memilih aksesori yang cocok dan tidak terkesan berlebihan.

Di samping itu, kriteria lomba fashion show sangat fokus terhadap kesesuaian tata rias dengan tema, dan juga busana. Sehingga akan menghasilkan penampilan yang bagus dan enak dipandang. Pada tata rias sendiri biasanya akan diminta sekreatif mungkin asal tetap pada tema yang diangkat.

Keselarasan Warna

Warna sangatlah penting dalam sebuah busana yang akan dipakai saat lomba fashiom show. Di sini yang harus diperhatikan tidak hanya warna yang sesuai dengan tema saja, tetapi sesuai juga dengan kulit kamu. Hal ini harus diperhatikan karena memang tidak semua warna cocok dengan kulit kamu.

Pastikan memilih warna yang cocok dengan warna kulit, untuk menambah nilai estetis. Selain itu, pastikan warna yang dipilih memiliki keselarasan dengan aksesori dan tata rias kamu. Kriteria lomba fashion show ini harus diperhatikan dengan baik agar bisa memberikan kesan terbaik juga.

Presentasi Panggung

Di samping hal-hal di balik layar yang harus diperhatikan, kamu pun harus memperhatikan bagaimana presentasi panggung. Agar nantinya ketika busana, aksesori, dan tata rias yang sudah sesuai bisa dibarengi dengan presentasi panggung yang sesuai juga. Dengan begitu, kamu bisa memperbesar peluang kemenangan.

Kriteria lomba fashion show ini akan berfokus pada bagaimana sikap, gerak, dan cara kamu berjalan di atas panggung. Oleh sebab itu, untuk bisa mempresentasikan dengan benar, maka harus latihan berulang kali sampai bisa percaya diri berjalan di atas panggung.

Keseluruhan Kesan

Nah, pada poin penilaian terakhir ini melibatkan penilaian keseluruhan. Di mana, bagaimana semua elemen termasuk desain, tata rias, tema, aksesori  dan presentasi panggung mampu menyatu dengan baik. Sehingga bisa membuat kesatuan yang menarik dan mampu menyampaikan pesan yang kuat.

Kriteria lomba fashion show ini juga bisa dikatakan sebagai akhir dari penilaian. Di mana semuanya akan terlihat lebih menarik apabila saling sesuai satu sama lain. Semua kriteria di atas akan menyatu dan membentuk kesatuan yang indah.

Sebenarnya, berbagai kriteria penilaian lomba fashion show di atas tidak bisa menjadi patokan resmi. Sebab memang tema dan tujuan dari lomba fashion show berbeda-beda tergantung penyelenggara. Namun, kriteria di atas setidaknya bisa membantu kamu dalam memperbesar peluang menang lomba fashion show.

Lomba fashion show memang sangat sering digelar. Tidak hanya untuk tingkat sekolah saja, tetapi ada yang digelar sampai tingkat internasional. Semuanya memiliki persyaratan tertentu, sehingga tidak semua bisa mengikuti lomba ini. Proporsi badan yang bagus biasanya menjadi syarat utama pada beberapa lomba fashion show tingkat nasional dan internasional. Itu sebabnya sangat penting juga memperhatikan proporsi badan sebelum mengikuti lomba.

Itulah beberapa kriteria lomba fashion show. Berbagai kriteria di atas memang tidak bisa menjadi patokan khusus, tetapi bisa menjadi salah satu hal untuk memperbesar peluang kemenangan. Di samping itu, hal dasar seperti aksesori dan detail busana harus diperhatikan dengan baik.

Also Read

Bagikan: