Nama-Nama Terminal Pada Kunci Kontak 6 Terminal

Author Larusso

Memiliki sebuah kendaraan tidak hanya untuk bisa dikendarai saja tetapi sebagai pemilik kendaraan Andapun harus mengetahui berbagai hal mengenai kendaraan yang Anda miliki. Salah satunya masalah kunci kontak, sangat wajib untuk mengetahui nama-nama terminal pada kunci kontak 6 terminal. Hal ini guna Anda mengetahui setiap fungi dan kegunaannya dalam suatu waktu ketika Anda mengendarainya.

Pastinya Anda bertanya-tanya kunci kontak pada kendaraan apa yang dimaksudkan, semua kendaraan memiliki kunci kontak sebagai media yang digunakan untuk menyalakan mesin dan mengontrol kinerja mesin. Namun pada artikel ini akan dibahas mengenai kunci kontak pada kendaraan roda empat alias mobil, sebab ketika Anda tidak menguasai kunci kontak pada kendaraan maka akan lebih sulit untuk mengendarainya.

Apalagi pada kendaraan mobil memiliki begitu banyak singkatan pada kunci kontak sehingga harus dengan lebih hatam dan teliti dalam memfungsikannya. Kunci kontak itu sendiri merupakan rangkaian sistem penguncian yang terdapat pada mobil yang telah terhubung dengan sistem ignition switch. Dari pengertian ini pastinya Anda sudah memiliki sedikit gambaran mengenai kunci kontak ini, lantas apakah sebenarnya fungsi dari kunci kontak ini? 

Fungsi Kunci Kontak

Sebelum mengenal nama-nama terminal pada kunci kontak 6 terminal maka sebaiknya Anda terlebih dahulu mengetahui fungsi dari kunci kontak itu terlebih dahulu. Berikut ini informasi mengenai fungs kunci kontak yang sebaiknya Anda ketahui apalagi sebagai seseorang yang baru belajar mengendarai kendaraan roda empat.

Secara garis besar kunci kontak berfungsi untuk memutuskan dan juga menghubungkan listrik yang terdapat dalam rangkaian kendaraan. Selain itu kunci kontak juga dapat meematikan dan menghidupkan sistem yang terdapat pada mobil. Jadi apabila Anda mulai untuk memasukkan kunci mobil ke komponennya dan melakukan stater maka sudah bisa dipastikan mobil akan menyala.

Umumnya kunci kontak pada mobil terdapat 3 atau lebih terminal, untuk terminal utama (terminal B) yang dihubungkan langsung ke bagian baterai kendaraan. Kemudian terminal kedua dikenal dengan terminal IG/On yang berhubungan ke bagian koil pengapian dan juga penghitungan beberapa hal lain yang membutuhkan. Terminal terakhir yakni ST yang dihubungkan ke bagian solenoid stater dan mesin sudah bisa berfungsi.

Untuk Anda yang sudah pintar mengendarai mobil pastinya Anda sudah sering menggunakannya namun tidak mengetahui secara detail nama-nama terminal pada kunci kontak 6 terminal dan juga fungsi dari terminal itu sendiri.

Selain itu pada sistem kelistrikan pada mobil untuk pengisian daya menggunakan bagian atau komponen yang bernama alternator yang memiliki beberapa komponen. Pada bagian mobil yang terus mengalami perkembangan selalu ada pembaharuan demi memenuhi kebutuhan konsumen. Dalam dunia otomotif sendiri terdapat dua jenis alternator yakni konvensional dan ic regulator. 

Untuk kendaraan yang memiliki 6 terminal kunci kontak sendiri berarti menggunakan alternator jenis konvensional. Untuk jenis konvensional ini memiliki sistem pengatur tegangan dengan model yang mekanikal yang dapay Anda setel secara manual, sebab voltage regulator alternator masih memiliki model kontak point dengan voltage regulator yang dipasang secara terpisa dari bodi alternator itu sendiri.

Perlu diketahui bahwa regulator berfungsi untuk mengatur besar atau kecilnya arus listrik yang akan mengalir masuk ke dalam rotor coil. Sehingga tegangan output yang diproduksi pada bagian alternator tetap stabil pada angka yang sama yakni 13,8 volt – 14,8 vot meskipun waktu putarannya terus berubah-ubah. 

Nama-Nama Terminal Pada Kontak Kunci 6 Terminal

Untuk membuat Anda lebih paham mengenai mesin mobil konvensional dengan 6 terminal maka Anda sebaiknya menyimak informasi berikut mengenai susunan nama-nama terminal yang ada di dalam alternator dengan jenis konvensional.

Terminal N

Untuk deretan terminal yang pertama adalah N yang mana terminal ini terhubung langsung dengan stator coil yang dapat menghasilkan tegangan listrik secara bolak balik ke bagian kumparan yang ada pada voltage regulator. Untuk fungsi dari terminal ini sendiri adalah menarik saklar yang ada di dalam voltage regulator sehingga dapat mematikan lampu indikator aki pada bagian panel instrument dasbor kendaraan.

Terminal F Nama-Nama Terminal Pada Kunci Kontak 6 Terminal

Deratan terminal selanjutnya setelah terminal N adalah terminal F yang alternatornyanya terhubung dengan terminal F pada regulator. Adapun fungsi dari terminal F ini sendiri adalah mampu mengatur tegangan dan juga arus listrik yang akan mengalir menuju bagian rotor coil itu sendiri. Dengan terminal ini maka tegangan tidak akan melonjak melainkan terus stabil dengan dinamisnya.

Terminal B

Pada susunan ke tiga terdapat terminal B, yang mana terminal ini terhubung dengan aki mobil dan juga voltage regulator. Pada terminal B ini berguna untuk menjadi terminal pengisian aku serta juga berfungsi untuk menghidupkan beban listrik pada kendaraan mobil yang Anda miliki. Sehingga tidak heran apabila untuk menyalakan mesin mobil pada mode listrik mengalir harus pada kontak kunci terminal B ini.

Terminal E

Untuk susunan ke empat terdapat terminal E, untuk terminal ini sendiri terhubung langsung dengan body alternator dan juga massa grounding yang memiliki tugas atau fungsi yang sangat penting untuk mengontrol body kendaraan secara langsung.

Terminal IG

Bila pada bagian di atas disebutkan bahwa pada kontak kunci 3 terminal juga ada yang namanya terminal IG. Pada nama-nama terminal pada kunci kontak 6 terminal  pada bagian terminal Ig ini terhubung langsung dengan kunci kontak kendaraan konvensional Anda. Adapun tugas atau fungsi dari terminal ini adalah menghidupkan bagian voltage regulator.

Pada saat kunci kontak pada posisi ON maka bagian terminal Ig akan secara langsung terhubung dengan terminal F pada bagian regulator serta alternator. Sehingga terminal IG ini seperti pula pemegang kunci untuk beberapa terminal sebagai wadah pengaktifannya, sebab ketika terminal Ig terhubung dengan terminal F maka akan menghasilkan medan magnet pada mesin.

Terminal L

Adapun nama-nama terminal pada kunci kontak 6 terminal yang terakhir adalah terminal L, untuk terminal terakhir ini terhubung dengan bagian lampu indikator aki yang berada di dalam instrument dasbor. Pada bagian terminal ini memiliki fungsi sebagai titik poin yang akan terhubung secara langsung dengan terminal B pada saat stator coil menghasilokan arus listrik yang ada pada bagian N.

Jadi semua dari ke enam terminal ini memiliki fungsinya masing-masing dan saling terhubung satu sama lain. Ketika bagian L diaktifkan maka bagian terminal B dan N juga akan melakukan fungsinya sesuai dengan aturan dari mesin kendaraan itu sendiri, jadi penting untuk lebih hati-hati dan menggunakan perasaan dalam mengoperasikan kontak kunci ini.

Demikianlah informasi mengenai nama-nama terminal pada kunci kontak 6 terminal yang ada pada kendaraan mobil dengan regulator konvensional yang dapat dioperasikan secara mekanik, serta telah dipaparkan pula fungsi dari setiap terminal secara terperinci.

Also Read

Bagikan:

Leave a Comment