Perbedaan Kemeja Pria dan Wanita Mulai dari Kancing Hingga Polanya

Author Larusso

Semua kemeja kelihatannya hampir sama bahkan yang unisex sekalipun. Tapi nyatanya, perbedaan kemeja pria dan wanita tidak serumit itu untuk dibedakan. Meskipun beberapa mungkin akan nampak sama.

Tentunya ini akan sangat menjebak ketika Anda ingin membelinya di mall atau toko busana. Masalah ini tidak perlu khawatirkan karena beberapa perbedaannya mulai dari kancing hingga polanya bisa dipelajari dengan membaca artikel ini.

Perbedaan Kemeja Pria dan Wanita

Kemeja pria maupun wanita mempunyai ciri khas yang beberapa sulit untuk membedakan. Tetapi dengan mengetahui perbedaannya di bawah ini Anda akan mudah membedakannya:

Metode Pemasangan Kancing Kemeja

Perbedaan yang pertama Anda bisa lihat pada arah pemasangan kancing antara dua kemeja tersebut. Pada kemeja pria lubang kancing dipasang di sebelah kanan. Sedangkan pada kemeja wanita pada bagian kirinya.

Mengapa demikian? Perbedaan arah pemasangan kancing ini bertujuan agar wanita saat memakai kemeja menjadi lebih mudah jika sedang menyusui. Berhubung kebanyakan wanita menggendong bayinya di sebelah kiri badan. Maka menjadi tepat metode pemasangan kancing seperti ini, sehingga terus diterapkan hingga sekarang.

Potongan dan Jahitan

Perbedaan kemeja pria dan wanita dapat dilihat dari potongan dan jahitannya. Pada kemeja wanita jahitan dibuat meruncing ke arah pinggang dan melebar ke ujung bawah. Sedangkan pada potongan kemeja pria Anda akan mendapati jahitan lurus dari ketiak sampai ujung pakaian.

Selain itu, untuk potongannya juga memiliki perbedaan. Wanita dibuatkan kemeja dengan lengan lebih ketat. Sementara kemeja untuk pria di desain mempunyai bahu yang lebih lebar dan ukuran potongan lengannya dibuat longgar.

Perbedaan Kemeja Pria dan Wanita Garis Leher Kemeja

Anda mungkin banyak menjumpai kemeja dengan garis leher yang berbeda-beda. Tapi tahukah Anda, sebenarnya untuk kemeja pria maupun unisex hanya memiliki beberapa variasi garis leher. Dengan demikian, garis leher pada kemeja wanita jauh lebih banyak.

Beberapa diantara macam-macam garis leher yang paling umum dijumpai untuk kemeja wanita yaitu cowl, turtleneck, scoop, square, round dan v-neck. Sedangkan pada kemeja pria mempunyai variasi yang lebih sedikit, paling umumnya hanya bentuk leher V, kru dan sendok.

Pola Kemeja

Perbedaan kemeja pria dan wanita juga dapat dilihat pada bagian polanya. Kemeja pria mempunyai tampilan sederhana sehingga pola paling umum diterapkan hanya lurus yang memberikan simbol kewibawaan pada seorang laki-laki.

Sedangkan pada kemeja wanita anda akan menjumpai pola dari sederhana hingga rumit. Mengapa begitu? Sebab, kemeja wanita didesain dengan lebih memperhatikan pada kontur tubuh agar tampak elegan dan cantik, memancarkan jiwa feminimnya.

Perbedaan Kemeja Pria dan Wanita Cara Menjahit Kemeja

Tahukah Anda kalau ternyata berbagai jenis busana itu memiliki perbedaan cara menjahit apalagi untuk pakaian berupa kemeja. Pada kemeja wanita jahitannya juga diobras pada tiap lembar kain.

Sedangkan pada kemeja pria bagian tersebut tidak diobras dan hanya ditimpa dengan jahit sarung. Kemeja wanita jauh lebih lengkap pada tiap detail jahitannya disum misalnya di bagian lengan, leher sampai bagian bawah badan pakaian. Jadi, cara menjahitnya jauh lebih rumit kemeja wanita.

Bentuk Kemeja

Berbagai jenis busana memiliki bentuk masing-masing pada tiap variasinya, demikian juga pada kemeja. Format bentuk pada kemeja pria tidak diberikan efek lekuk tubuh semacam kemeja wanita, desainnya dibentuk lurus saja tanpa memperhatikan detail tersebut. Memberikan kesan karismatik untuk penampilan pria.

Perbedaan kemeja pria dan wanita ini mudah dibedakan bukan? Apalagi ciri khas bentuk kemeja wanita yang lebih menonjolkan pada bagian perut, dada dan pinggul. Menciptakan efek lekuk tubuh untuk menciptakan kesan elegan dan feminim meskipun kemeja tidak dibuat ketat.

Alasan Letak Kancing Kemeja Pria dan Wanita Dibuat Berbeda

Sekilas Anda sudah membaca mengenai arah peletakan kancing baju pria dan wanita yang dibuat berbeda. Tapi apakah Anda tidak penasaran mengapa hal tersebut dilakukan untuk sebuah desain kemeja?

Bermula dari Desain Busana Bangsawan Wanita di Inggris

Pada masa pemerintahan Ratu Victoria di Inggris, para bangsawan menggunakan baju berlapis baik pria maupun wanitanya. Namun, busana bangsawan wanita lebih banyak lapisannya sehingga membuatnya butuh bantuan pelayan untuk memakainya

Akhirnya, diberikan letak kancing pada bagian kiri busana wanita yang bertujuan memudahkan pelayan tersebut membantu majikan memasang kancing busana. Tentu saja berbeda dengan pria bangsawan yang hanya memakai busana lebih sederhana dan memakainya sendiri sehingga posisi kancingnya terletak di bagian kanan.

Kancing Wanita Memiliki Arti Filosofis

Perbedaan kemeja pria dan wanita pada bagian kancingnya ternyata dilatarbelakangi makna filosofisnya. Pasalnya posisi kancing kemeja wanita yang dipasang pada sisi kiri supaya bisa memakai tangan kiri untuk mengaitkannya.

Mengapa memilih  tangan kiri? Pasalnya, secara filosofis kekuatan dan kecepatan tangan kiri wanita dianggap lemah, yang membuat kedudukannya lebih rendah dibandingkan laki-laki. Sedangkan kencing busana pria dipasang di sisi kanannya karena tangan kanannya memiliki arti lebih kuat dan berkuasa sehingga tampak lebih berwibawa.

Perempuan Menggendong Bayi dengan Tangan Kiri

Salah satu alasan paling kuat mengapa kencing pakaian wanita ada di sebelah kiri karena, ibu pada umumnya menggunakan tangan kiri saat menggendong bayinya. Dengan begitu, wanita menjadi lebih mudah membuka contoh memasang kancingnya dengan tangan kanan saat menggendong bayi atau sedang menyusuinya.

Kemudahan melepas kancing pada kemeja wanita karena telah yang menghadap ke kiri pada bagiannya. Wanita akan lebih mudah bergerak aktif meskipun sambil menggendong bayi.

Posisi Wanita saat Berkuda

Desain kemeja ternyata memiliki banyak pertimbangan, tidak hanya karena wanita bisa menyusui tapi juga dari hobinya semisal berkuda. Posisi kancing di sebelah kiri pada kemeja wanita memperlihatkan ciri khas pakaian modis perempuan terutama jika dipakai menunggang kuda dengan posisi menyamping.

Selain itu, perbedaan kemeja pria dan wanita dari peletakan kancing kiri pada kemeja wanita karena kelebihannya yang mampu mengurangi masuknya jumlah udara. Dengan begitu, yang memakainya tidak mudah masuk angin.

Pria Memegang Senjata Pakai Tangan Kanan

Pada zaman dulu, membawa senjata bagi seorang pria sudah menjadi barang wajib sebagai perlengkapan bepergian, apalagi di saat masa peperangan. Mereka menyembunyikan senjatanya di dalam pakaian dan biasanya mereka membawanya dengan tangan kanan.

Dengan peletakan kencing pada sisi kanan untuk kemeja pria maka akan memudahkannya mengambil senjata dari dalam pakaian. Selain itu, pemasangan kancing pada sebelah kanan pakaian membuat pria lebih maskulin.

Berkaitan dengan Adab Pergaulan Pria dan Wanita

Nilai etika juga menjadi salah satu alasan perbedaan kemeja pria dan wanita dari bagian letak kancingnya. Prof. Dr. Cony R. Semiawan (Rektor IKIP Jakarta) mengatakan kalau laki-laki dan perempuan berjalan bersama etikanya wanita berada di sisi kiri sedangkan pria di kanan.

Dengan begitu, membuat pandangan pria tidak langsung mengarah ke dada wanita karena letak kancingnya yang berada di sebelah kiri. Jadi, tidak ada celah nampak saat beriringan yang membuat salah fokus sehingga melangkahi adab.

Berbagai perbedaan kemeja pria dan wanita di atas ternyata mempunyai berbagai alasan yang menarik ya. Tapi ada juga yang menyebut perbedaan ini bertujuan mempermudah produksi supaya distribusinya tidak tertukar.

Also Read

Bagikan: