Simak 8 Tips Jualan Baju Keliling yang Efektif Untuk Meningkatkan Penjualan

Author Larusso

Bagi Anda yang baru saja hendak memulai usaha, maka tips jualan baju keliling kali ini layak untuk diperhatikan. Karena sangat bermanfaat untuk dijadikan acuan ketika masih bingung hendak memulai dari mana.

Usaha berjualan pakaian memang merupakan salah satu yang paling mudah dilakukan oleh banyak kalangan dengan berbagai latar belakang pendidikan. Karena baju merupakan salah satu kebutuhan pokok yang selalu diminati sepanjang masa.

Apabila Anda sudah bertekad bulat untuk menjalankan usaha ini maka tidak ada salahnya menyimak beberapa tips jualan baju keliling berikut ini. Mulai dari memilih tempat sampai dengan cara menarik perhatian calon konsumen yang sangat bermanfaat:

Memilih Lokasi Strategis yang Ramai

Langkah pertama saat hendak berjualan baju keliling adalah memilih lokasi yang strategis dan ramai sehingga kemungkinan lakunya tinggi. Contoh tempat yang strategis adalah seperti di kawasan wisata, area kampus maupun pusat perbelanjaan.

Memilih tempat yang berpotensi pasar besar adalah tips jualan baju keliling yang paling menjamin kesuksesan usaha Anda. Selain itu hal yang wajib diperhatikan adalah adanya kompetitor di tempat yang Anda bidik tersebut.

Mengenali Target Pasar

Salah satu syarat utama menjadi penjual baju keliling adalah peka terhadap tren dan gaya berpakaian di tempat yang ingin dijadikan lokasi usaha. Mengenali target pasar dengan baik dibantu dengan insting bisnis dapat menjadi perpaduan yang handal.

Anda dapat melakukan tips jualan baju keliling ini dengan cara melakukan riset terlebih dahulu pada area target tersebut. Cermati dengan baik mengenai trend fashion lokal karakteristik penduduk, dan preferensi warna atau model baju yang digemari oleh masyarakat sekitar.

Selain dari karakter masyarakat, target pasar yang harus Anda tentukan selanjutnya adalah mengenai usia, apakan anak-anak, remaja maupun orang dewasa. Demikian juga dengan jenis bajunya, apakah untuk laki-laki atau perempuan.

Meskipun terlihat sederhana, namun tips jualan baju keliling ini sangat membantu Anda dalam menentukan strategi pemasarannya. Sehingga dapat dilakukan dengan tepat agar target penjualan lebih mudah diraih.

Berpenampilan Menarik

Salah satu hal penting yang patut Anda perhatikan saat sedang berjualan adalah dengan memperhatikan penampilan. Karena pada faktanya penampilan penjual yang memikat sesuai dengan trend fashion yang ditawarkan dapat menarik minat pembeli untuk berbelanja.

Memberikan Pelayanan yang Memuaskan

Tips jualan baju keliling selanjutnya adalah memberikan pelayanan yang memuaskan kepada pelanggan. Sabar dan terlihat senang saat melayani pembeli akan membuat pembeli menjadi langganan meskipun ada kompetitor dengan harga yang lebih rendah.

Alangkah baiknya kalau Anda juga dapat memberikan rekomendasi dan saran fashion yang tepat kepada pelanggan yang bingung memilih. Jangan lupa untuk memberikan diskon atau penawaran menarik sebagai bentuk apresiasi kepada pelanggan setia agar tidak kelain hati.

Pelayanan pelanggan yang baik adalah tips jualan baju keliling yang menentukan keberhasilan usaha Anda. Sehingga usahakan untuk selalu mendengarkan dengan seksama kebutuhan dan permintaan pelanggan. Berikan juga solusi yang tepat jika mereka membutuhkannya agar merasa diperhatikan.

Pelajari dengan baik produk yang ditawarkan agar dapat memberikan informasi yang jelas dan tepat kepada para pembeli. Jika mereka bertanya, berikan jawaban yang komprehensif dan jujur agar kepercayaan pelanggan terhadap bisnis Anda semakin meningkat.

Memaksimalkan Kekuatan Online

Di jaman teknologi canggih seperti sekarang ini salah satu tips jualan baju keliling penting yang tidak boleh dilupakan adalah memanfaatkan kekuatan online. Anda dapat membuat akun media sosial khusus untuk jualan baju keliling Anda dan gunakan teknik optimasi SEO untuk meningkatkan eksposur pada mesin pencari Google.

Meningkatkan Kualitas Produk

Selain menjaga penampilan, seorang penjual baju keliling juga harus mampu menjaga kualitas produk yang ditawarkannya dengan baik. Pastikan sudah memilih barang dengan kualitas dan desain yang menarik sesuai selera target pasar yang dibidik.

Membangun Jejaring

Salah satu tips jualan baju keliling yang tidak kalah manjur dibandingkan yang lainnya adalah membangun jejaring atau networking. Langkah ini sangat efektif dalam memperluas pelanggan dan meningkatkan target penjualan.

Itulah sebabnya sangat penting untuk menjalin hubungan baik dengan para pembeli yang datang ke tempat Anda berjualan. Memberikan pelayanan yang memuaskan dan maksimal akan membuat mereka bertahan dan merekomendasikan dengan sukarela kepada semua orang.

Anda juga dapat menjalin kerjasama dengan pengusaha lain yang berada di sekitar Anda berjualan misalnya penjual sepatu atau aksesoris. Tips jualan baju keliling yang satu ini sangat efektif karena dapat saling merekomendasikan demi keuntungan bersama.

Berjualan Baju Keliling Dengan Kendaraan

Tips selanjutnya adalah berjualan baju keliling dengan menggunakan kendaraan yang terbukti efektif untuk menjemput bola. Selain memudahkan proses penjualan, kendaraan juga memaksimalkan waktu Anda.

Banyak jenis kendaraan yang dapat digunakan oleh para penjual baju keliling untuk menjajakan dagangannya. Tips jualan baju keliling dengan menggunakan kendaraan yang paling umum adalah adalah sebagai berikut:

Motor

Salah satu pilihan terbaik untuk berjualan keliling adalh dengan menggunakan motor terutama bila budget pas-pasan. Kendaraan roda dua ini mempunyai mobilitas yang tinggi dengan biaya operasional yang minim dibanding dengan kendaraan lain.

Agar dapat menjalankan tips jualan baju keliling ini dengan baik maka Anda dapat memodifikasi motor tersebut sehingga dapat membawa banyak barang. Misalnya dengan menambahkan rak atau box pada bagian belakangnya, namun pastikan tidak merusak barang selama dalam perjalanan.

Mobil

Saat modal sudah bertambah maka Anda dapat mengganti kendaraan untuk berjualan tersebut dengan mobil. Selain dapat memuat lebih banyak, mobil juga lebih aman dan tidak merusak barang dalam perjalanan. Demikian juga pakaian akan terlindung dari panas dan hujan yang mungkin tiba-tiba datang.

Tips jualan baju keliling dengan mobil adalah memilih yang ukurannya sesuai dengan barang dagangan. Contohnya saat membawa baju anak-anak dan dewasa memilih mobil yang luas akan lebih menguntungkan.

Meskipun demikian Anda harus memastikan bahwa kualitas produk akan terjaga selama perjalanan. Untuk itu Anda dapat menggunakan rak atau box penyimpanan yang aman sebagai langkah antisipasi.

Truk

Apabila bisnis jualan baju keliling Anda sudah semakin besar dan menggunakan mobil sudah tidak memadai maka dapat berganti dengan menggunakan truk. Tips jualan baju keliling ini sangat efektif untuk membawa barang dagangan dalam jumlah yang besar.

Kendaraan besar ini dapat dimodifikasi dengan sedemikian rupa agar pelanggan merasa nyaman. Lengkapi juga dengan berbagai fasilitas pendukung seperti ruang ganti dan tempat tunggu yang nyaman sehingga makin banyak peminat yang datang.

Apabila Anda dapat menerapkan beberapa tips jualan baju keliling diatas dengan baik maka bukan tidak mungkin usaha Anda akan berjalan dengan lancar. Bersemangat dalam mengerjakan segalanya dan fokus pada visi dan misi yang sudah ditentukan akan mewujudkan keberhasilan yang Anda impikan.

Also Read

Bagikan: